Halaman

Rabu, 01 Februari 2012

Motor AC dan DC 1 Fasa

Motor Arus Searah / DC

 
Dilihat dari sudut kegunaan utamanya,motor arus searah dapat dibagi dalam dua kelompok utama yaitu: motor Listrik dan Generator atau sering disebut dinamo.
Suatu motor listrik pada intiya dapat dianggap terdiri dari bagian-bagian yang diam yang dinamakan stator (rangka atau ganbar) dan suatu bagian yang berputar dinamakan rotor, pada mesin arus searah lazim disebut jangkar.
Dalam konversi energi, baik dari energi listrik ke energi mekanik (motor listrik) atau dari energi mekanik ke energi listrik  (Generator) selalu melalui suatu medium medan magnit. Dalam hal ini ada 3 parameter yang selalu berinteraksi yaitu:
1.     Fluksi magnit
2.     Konduktor berarus
3.     Gerak (force)

Ketiga parameter tersebut dipenuhi dengan adanya:
1.     Kumparan medan
2.     Kumparan jangkar
3.     Sistim poros dan bantalan

motor arus searah terdiri dari lima bagian utama yaitu:
1.           Poros yang terbuat dari baja
2.           Inti rotor terbuat dari plat dinamo
3.           Kumparan Rotor
4.           Kumparan medan
5.           Komutator dilengkapi dengan lamel-lamel sebagai terminal kumparan jangkar motor 
Gambar 2.1 Bagian uatama mesin listrtik arus searah

A.   Stator/Rangka gandar
Pada motor arus searah, gandar berfungsi sebagai bagian dari rangkaian magnetik yang biasanya di buat dari besi tuang. Pada gandar terdapat seperangkat kutub-kutub medan yang dibuat dari inti laminasi baja pelat dan kumparan medan dipasngkan pada kutub-kutub medan tersebut, seperti ditunjukkan pada gambar 2.2.
Gambar 2.2  Stator dan rangka gandar
Sepatu kutub dibuat dari besi lapis yang cukup tipis (plat dinamo) yang dijadikan satu, dimasukkan kedalam kumparan magnitnya yang telah di bungkus isolasi yang memadai. Sepatu kutub ini dipasangkan pada rangka (yoke) yang sekaligus jadi badan mesin dengan dua buah baut
Bagian dalam badan motor arus searah(yoke) dibubut agar sepatu kutubnya mempunyai celah udara serapat mungkin (minimum) dan lingkaran dalam betul-betul bulat. Dalam rangka ini ditempatkan sejumlah pasang sepatu kutub.
Pasangan kutub U dan S selalu berurutan seperti letak sepatu kutubnya dan ujung-ujung kawat kumparannya dihubungkan satu pada yang lain sehingga keluar hanya 2 ujung dan dipasang pada kotak klem dengan tanda huruf simbol F1 dan F2; pada kotak/plat klem itu juga ditempatkan  klem untuk kabel peralatan sikat yang berhubungan dengan jangkar (armature)  atau rotor dan diberi huruf simbol A1 dan A2
B.   Kumparan Medan
Kumparan medan juga dikenal dengan kumparam penguat untuk menghasilkan medan magnit pada kutub uama ( main pole ) .gambar 2.3 menunjukkan penepatan kumparan medan pada inti kutub.



Gambar 2.3  penempatan kumparan medan
C.   Rotor atau Jangkar
Rotor motor arus searah dilengkapi dengan komutator dengan  lamel-lamel sebagai terminal kumparan jangkar motor dan  dipasangkan pada poros.
Rotor atau jangkar   dibuat dari plat-plat tipis baja  campuran dalam bentuk tertentu. Alur-alur pada jangkar dibuat untuk meletakkan lilitan jangkar ,  lihat gambar 2.4.
Gambar 2.4  Rotor/jangkar 
D.  Bantalan (Bearing)
Bantalan pada motor/dinamo berfungsi sebagai:
1.     Memperlancar gerak putar poros
2.     Mengurangi gesekan putaran dan perlu diberi pelumas
3.     Penstabil poros terhadap gaya horizontal dan gaya vertikal poros motor.
Menurut tipe bantalan (bearing) dapat dibedakan antara lain:
1.     Bantalan  peluru
2.     Bantalan roller
3.     Bantalan bos.

E.   Tutup (End Plate)
               Tutup rangka mesin
Gambar 2.5 Bagian tutup
Pada setiap motor listrik atau generator  mempunyai 2 (dua) buah tutup, masing masing ditempatkan pada dua sisi rangka di ikat dengan baut.
Kedua tutup tersebut befungsi sebagai:
1.     Dudukan bantalan poros motor/dinamo
2.     Titik senter antara rotor/poros dengan rumah stator
3.     Pelindung bagian dalam motor/dinamo 
F.    Bagian Mekanik Sikat Arang
Sikat karbon ditempatkan diatas perputaran komutator  berfungsi sebagai jaringan untuk memindahkan arus antara jangkar dan kumparan medan. Peralatan sikat, terdiri dari pemegang sikat (A) yaitu tempat dudukan sikat yang diikatkan pada rangka mesin, (B) Sikat arang , (C) Komutator dan (D) Pegas. Dengan tekanan pegas sikat arang akan selalu menekan pada komutator tanpa mengganggu kelancaran putaran rotor. Setiap sikat terpasang pada dudukan sikat , yang disatukan dengan pegas untuk mempertahankan tekanan sikat yang konstan pada komutator.
Perlengkapan  (Rigging Brush) digunakan untuk dukungan pemegang sikat terdiri dari sepatu dan gagang sikat.
Bagian-bagian mekanik sikat arang dapat dilihat pada gambar 2.5.
  
Sekalipun sudah dibentuk, nyatanya kita tidak dapat membuat sikat arang berbentuk lengkungan seperti lengkungan komutatornya terutama ujung-ujung sikat arangnya. Bersihkan selalu serbuk arang dan abrasip lainnya dengan memakai sikat halus atau alat pengisap debu.


Motor Arus Bolak-balik / AC


Motor listrik 1 Fasa banyak digunakan pada peralatan rumah tangga listrik, misalnya pompa air, mesin cuci, lemari es, mixer, kipas angin dan sebagainya.Karena bentuknya yang sederhana dan harganya yang relatif murah motor listrik 1 fasa banyak dipakai untuk keperluan motor-motor kecil.  Struktur motor listrik induksi 1 fasa hampir sama dengan motor induksi 3 fasa.  Motor listrik 1 fasa berkapasitas kecil ini sering dikenal dengan nama Fraction Horse Power Motor, dibuat dalam berbagai macam type sesuai dengan kebutuhan.  Motor ini bekerja pada arus bolak balik 1 fasa dengan frekuensi nominal. 

Disebut motor listrik 1 fasa karena untuk mendapatkan daya mekanik hanya dipelukan sumber satu fasa, yang pada dasarnya motor satu fasa mempunyai prinsip kerja motor listrik dua fasa, hal ini disebabkan karena pada lilitan statornya terdiri dari dua lilitan, yaitu lilitan utama dan lilitan bantu dan diantara keduanya mempunyai beda fasa 90oListrik. Dari kedua fluks yang ada  pada lilitan stator tersebut maka terjadilah suatu medan magnit putar sehingga motor dapat berputar. Ada beberapa jenis-jenis motor listrik 1 fasayang banyak digunakan diantaranya adalah
a.      Motor induksi AC 1 fasa motor fasa belah (splite phasa)
b.     Motor induksi AC 1 fasa motor kapasitor , terbagi menjadi tiga jenis yaitu: 
  1. Motor Kapasitor start (starting capasitor)
  2. Motor Kapasitor running (running capasitor)
  3. Motor Kapasitor Start-Running (Starting running capasitor)
c.      Motor repulsi (repultion motor)
d.     Motor kutub bayangan (shaded pole motor)
e.      Motor universal  (Universal motor)




Sekian dlu,,,trima kasih atas kunjungannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar